Sabtu, 14 Juni 2014

Studi Tentang Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
            Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menyiapkan seseorang dalam peranannya dimasa yang akan datang.
            Pendidikan yang terjadi melalui interaksi insani, tanpa batasan ruang dan waktu. Pendidikan tidak dimulai atau diakhiri disekolah. Pendidikan dimulai dilingkungan keluarga, dilanjutkan dan tempat dalam lingkungan sekolah diperkaya dalam lingkungan masyarakat dan hasil-hasilnya digunakan dalam membangun kehidupan pribadi, agama, masyarakat, keluarga dan negara.
            Adalah suatu kenyataan bahwa pemerintah bukanlah satu-satunya lembaga yang bertanggungjawab didalam pelaksanaan di Indonesia, akan tetapi pendidikan juga merupakan tanggung jawab semua warga negara Indonesia termasuk didalamnya keluarga.
            Ditinjau dari lokasi waktu, manusia berkembang pada masing-masing tahap dan pertumbuhannya, lingkungan keluarga menempati urutan pertama dan utama bagi manusia dalam menerima pengaruh pendidikan, kemudian dari lingkungan sekolah dan akhirat dari lingkungan masyarakat.
            Ketiga pranata pendidikan ini dalam mekanisme saling menyambung dalam kajian yang erat dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.
            Ketiga pranata pendidikan ini dalam mekanisme saling menyambung dalam kajian yang erat dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.
            Ada suatu anggapan dikalangan sementara orang tua bahwa pendidikan anak telah menjadi tanggung jawab sekolah atau guru, setelah anak tersebut diserahkan pada lembaga sekolah dan orang tua merasa tidak perlu lagi memberi dorongan, bimbingan dan pembinaan anak.
            Anggapan tersebut tentu saja tidak sesuai dengan ajaran Islam yang telah memberikan penekanan pada umatnya bahwa orang tua merupakan penanggung jawab utama dan utama terhadap pendidikan anaknya.
            Sebagai Firman Allah SWT yang     artinya    : “Hai orang-orang yang beriman, peliaharalah dirimu dan keluargamu dari apa neraka” (QS. At-Tahrin : 6)
            Dalam hadist Rasulullah bersabda  yang artinya    :“Tidaklah anak yang dilahirkan itu membaca fitrah, amka kepada orang tualah yang menjadikan anak itu seorang Yahudi, Nasrani maupun Majusi” (HR. Muslim)
            Dari ayat dan hadits tersebut, nampaknya dengan jelas bahwa orang tua mempunyai tanggung jawab penuh terhadap anaknya, yang merupakan tanggung jawab pertama dan utama yang dapat memberikan corak pada pribadinya dimasa mendatang.
            Dewasa ini terjadi peregeseran nilai dan fungsi dari orang terhadap anak, dimana tuntutan untuk pemenuhan kebutuhan hidup/ekonomi harus dipenuhi dengan cara kerja keras apalagi disaat krisis moneter ini dipihak lain, karena kesibukan dan kurang mengerti terhadap peranannya sebagai orang tua menyebabkan perhatian terhadap anaknya berkurang, sehingga anak tidak terkontrol dan cenderung sesukanya dalam belajar, akibatnya menurunlah prestasi belajarnya.
            Selanjutnya dalam proses belajar, setiap orang tua tentunya tidak lepas dari suatu permasalahan. Walaupun anak pada usia sekolah lanjutan sudah mampu mandiri dan mencoba menyelesaikan masalahnya, tidak menutup kemungkinan tidak semua masalah bisa diatas sendiri. Pengaruh dari luar seperti pergaulan teman, tayangan TV dan lainnya merupakan faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar di sekolah.
            Dalam setiap perbuatan manusia untuk mencapai tujuan, selalu diikuti oleh pengukuran dan penelitian demikian pula halnya di dalam proses belajar.
            Dengan mengetahui prestasi belajar anak, kita dapat mengetahui kedudukan anak di dalam kelas, apakah anak termasuk kelompok anak pandai, sedang atau kurang.
            Jadi boleh dikatakan bahwa keikutsertaan orang tua didalam kegiatan belajar anak sangatlah berpengaruh terhadap prestasi belajar anak.
            Melihat fenomena yang demikian, penulis terdorong untuk mengkaji tentang “Pengaruh perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”.

B.    Rumusan Masalah
            Permasalahan pokok yang dicari permasalahannya dalam karya tulis ini adalah :
    1.    Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri
    2.    Sejauhmana pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam SMP Negeri

C.    Tujuan Penelitian
    1.    Untuk mengetahui adakah perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Negeri
    2.    Untuk mengetahui sejauhmana pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri
  
D.    Hipotesis Penelitian
            Hipotesis adalah rumusan jawaban sementara terhadap sesuatu masalah yang dimaksudkan sebagai tuntutan sementara dalam penyelidikan untuk mencari jawaban yang sebenarnya. Sutrisno Hadi, hipotesis adalah dugaan yang mungkin benar, atau mungkin juga salah, dia akan ditolak jika salah satu palsu dan akan diterima fakta-fakta membenarkannya (Sutrisno Hadi,1989;63).
    Adapun hipotesa yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah :
    1.    Hipotesa Alternatif (HA)  
        “Ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa SMP Negeri
    2.    Hipotesa Nihil
        “Tidak ada pengaruh perhatian orang tua pada prestasi belajar PAI siswa SMP Negeri

E.    Asumsi
            Asumsi adalah anggapan dasar yang dianggap benar dan tidak perlu dibuktikan lagi. Dalam penelitian asumsi ini penting dikemukakan, sehingga setiap penelitian harus dirumuskannya.
            Dalam penelitian ini, penulis kemukakan beberapa asumsi antara lain :
    1.    Perhatian orang tua sangat berperan yang dapat menunjang dan membantu peningkatan prestasi belajar pendidikan Agama Islam (selanjutnya hanya disebut PAI) anak di sekolah
    2.    Anak akan mendapat prestasi yang baik bila dibimbing dengan baik pula

F.    Kegunaan Hasil Penelitian
    1.    Bagi penulis, melatih diri dalam membuat karya tulis ilmiah, terutama dalam kegiatan penelitian kependidikan
    2.    Bagi orang tua, untuk membangkitkan semangat orang tua terhadap pentingnya pengaruh mereka dalam segala bentuk dalam lingkungan keluarga jika ingin prestasi belajar anaknya lebih baik
    3.    Semangat bahan masukan bagi lembaga pendidikan format khususnya di SMP Negeri  demi peningkatan mutu atau kualitas siswa

G.    Batasan Istilah
            Agar masalah jelas dan terhindar dari kesalahan dalam menafsirkan istilah-istilah yang ditemukan, maka perlu perumusan definisi operasionalnya.
            Dalam penelitian yang berjudul “Studi Tentang Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Pelajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri
    1.    Pengaruh
        Pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang benda) yang ikut membentuk watak, kepribadian, kepercayaan, atau perbuatan seseorang
        (Depdikbud: 272)
    2.    Perhatian
        Perhatian adalah pendayagunaan kesadaran untuk menyertai aktivitas yang diarahkan pada suatu obyek, baik dari dalam atua diluar dirinya (abu Ahmadi, 1991;145)
    3.    Orang Tua
        Adalah lingkungan keluarga yang meliputi : ayah, ibu atau orang dewasa dan bertanggung jawab terhadap kelangsungan dan perkembangan pendidikan anak
    4.    Prestasi Belajar PAI (Pendidikan Agama Islam)
        Prestasi adalah hasil yang telah dicapai pada suatu saat. (Depdikbud). Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi lingkungannya (Slameto, 1995;2).
        PAI (Pendidikan Agama Islam) menurut Rahman Sholeh adalah segala usaha yang diarahkan kepada pembentukan kepribadian anak yang merupakan dan sesuai dengan ajaran Islam (Abu Ahmadi, 1991;111).
        Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi PAI adalah hasil yang dicapai dari suatu proses belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam.

H.    Sistimatik dan Pembahasan
        Untuk memudahkan dan memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Negeri Maka penulisan karya tulis ini dibagi menjadi lima bab dan setiap bab terdiri dari beberapa sub, sistimatika pembahasannya adalah :
BAB    I    :    Pendahuluan, meliputi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis penelitian, asumsi, kegunaan hasil penelitian, batasan istilah, sistimatika
BAB II    :    Landasan teori, yang pokok pertamanya membahas perhatian tentang orang tua meliputi : pengertian perhatian orang tua, bentuk-bentuk perhatian orang tua dan faktor-faktor yang mempengaruhi perhatian orang. Pokok kedua membahas tentang prestasi belajar PAI, meliputi pengertian prestasi belajar PAI, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar PAI, dan kegunaan prestasi belajar PAI. Pokok yang ketiga membahas tentang pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Agama Islam.
BAB III    :    Metodologi penelitian yang meliputi populasi dan sampel, variabel penelitian, metode pengumpulan data. Dan metode analisis data.
BAB IV    :    Laporan hasil penelitian yang meliputi penyajian data, analisa data dan pengujian hipotesis
BAB V    :    Kesimpulan dan Saran

silahkan downlod Skripsi KTI PTK dengan judul
https://sites.google.com/site/skripsiktiptk/Skripsi%20KTI%20PTK%20kode060.zip?attredirects=0&d=1
COPY LINK DIBAWAH INI MUNGKIN SUATU WAKTU ANDA MEMERLUKAN KEMBALI

Terima kasih sudah berkunjung di judulskripsi-pai.blogspot.com referensi contoh kti skripsi.
Simpan atau rekomendasikan ke teman-teman anda melalui email, blogspot, facebook, twitter, google +, atau berikan komentar anda disini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar