Sabtu, 14 Juni 2014

Perbandingan Pembelajaran dengan Media VCD dan Gambar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas 1 SMP Negeri

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang banyak, bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Dalam kondisi krisis ekonomi dunia  dan khususnya Indonesia dewasa ini, kemampuan berpikir dan bertindak secara ekonomis sangatlah diperlukan bagi para siswa agar dapat mengambil manfaat untuk kehidupan yang lebih baik.
Mata pelajaran ekonomi di SMP merupakan salah satu pelajaran wajib yang secara umum memiliki tujuan sebagai berikut:
1.    Membekali siswa sejumlah konsep ekonomi untuk mengetahui dan mengerti peristiwa dan masalah ekonomi dalam kehidupannya sehari-hari.
2.    Membekali siswa nilai-nilai etika ekonomi dan memiliki jiwa wirausaha
3.    Meningkatkan kemampuan berkompetisi dan bekerja sama dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun skala internasional.
4.    Membekali siswa sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi pada jenjang selanjutnya.
Era Globalisasi merupakan peluang sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia  dalam upaya meningkatkan kwalitas  Sumber daya Manusia (SDM) yang mampu bertanding dan bersanding dengan kwalitas serupa dengan bangsa lain. Arus Globalisasi dan Informasi telah mengalir keseluruh segi kehidupan dan membawa dampak bagi manusia yang sebelumnya tidak terduga.
Pada hakikatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses komunikasi. Proses komunikasi (proses penyampaian pesan) harus diciptakan dan diwujudkan melalui kegiatan penyampaian dan tukar menukar pesan atau informasi oleh setiap guru dan peserta didik.
Yang dimaksud pesan menurut Rohani (1997 ; 1) adalah : “Pengetahuan, keahlian skill, ide, pengalaman”. Melalui proses komunikasi, pesan dan informasi dapat diserap dan dihayati orang lain. Agar tidak terjadi kesesatan dalam proses komunikasi perlu digunakan sarana yang membantu proses komunikasi yang disebut media. Dalam proses belajar mengajar media yang digunakan untuk memperlancar komunikasi belajar adalah media / instruksional edukatif.
Guru yang mengharapkan proses dan hasil instruksional supaya efektif, efisien dan berkualitas, semestinya memperhatikan faktor media yang keberadaannya memiliki peranan yang sangat penting. Media edukatif memiliki nilai praktis dan fungsinya sangat besar bagi proses belajar mengajar.
Pemanfaatan media pembelajaran ekonomi dapat membantu siswa apabila menghadapi situasi belajar yang memerlukan pemahaman pada sejumlah alternatif prosedur (sederhana sampai kompleks) sehingga pembelajaran berjalan secara efisien dan praktis. Apabila pelajar belum dapat melakukan identifikasi, memilih, menetapkan dan pada akhirnya menerapkan sejumlah prosedur belum cukup memiliki pengetahuan alternatif prosedur (struktur kognitif) yang dapat dioperasikan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
Sudjana  (1991; 2) mengatakan bahwa : “Media pengajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar”.
Hakekat tujuan pembelajaran Ekonomi tidak sekedar mengantarkan siswa untuk mampu berkomunikasi, tetapi juga mengarahkan pada pertumbuhan dan perkembangan anak secara utuh, disamping sebagai dasar-dasar ilmu pengetahuan ekonomi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan dan sikap nasionalisme.
Menurut Gozali (1982 ; 85) mengatakan bahwa pemilihan media seyogyanya tidak terlepas dari konteknya, bahwasannya media merupakan komponen dari sistem instruksional secara keseluruhan. Karena itu meskipun tujuan dan isinya sudah diketahui, faktor-faktor lain seperti karakteristik siswa, strategi belajar mengajar, organisasi kelompok belajar, alokasi waktu dan sumber, serta prosedur penilaiannya juga perlu dipertimbangkan.
Penggunaan media pembelajaran apabila dilaksanakan dengan tepat dapat mempertinggi proses belajar siswa yang pada gilirannya dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapai karena pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa, bahan lebih jelas, metode mengajar bervariasi dan siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar (Sudjana, 2001 ; 2).
Sedangkan (Sudjarwo, 1988; 169) mengemukakan bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar, menimbulkan gairah belajar dan memungkinkan siswa untuk berinteraksi lebih langsung dengan kenyataan yang dimediakan.
Dalam program pembangunan nasional kita dewasa ini sektor pendidikan telah mendapat perhatian yang besar lagi dan program pembangunan pendidikan tidak lagi hanya menekankan pemerataan, melainkan bersama-sama ditekankan pada peningkatan mutu atau kualitas pendidikan itu sendiri (Darji, 1980 ; 73).

B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian Latar Belakang Masalah, peneliti mencoba merumuskan pertanyaan yang akan dicari pembahasan dan pemecahannya, baik pembahasan menurut analisis data maupun teori-teori beberapa ahli yang menjadi acuan penelitian ini, yaitu :
Apakah ada perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan media pembelajaran VCD dan pembelajaran media gambar siswa kelas 1 SMP Negeri ?"

C.    Hipotesis
Hipotesis merupakan prediksi mengenai kemungkinan hasil dari suatu penelitian (Yatim, 2001 ; 16).
Ada perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan media pembelajaran VCD dan pembelajaran media gambar siswa kelas 1 SMP Negeri

D.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan Masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah : “Ingin mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan media pembelajaran VCD dan pembelajaran media gambar siswa kelas 1 SMP Negeri”

E.    Asumsi Penelitian
Dalam penelitian ini dikemukakan beberapa asumsi sebagai berikut :
1.    Strategi pembelajaran yang dirancang sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2.    Media pembelajaran yang tepat efektif akan meningkatkan hasil belajar siswa.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              
F.    Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan berbagai pihak antara lain :
1.  Hasil penelitian sebagai bahan masukan para guru dalam menggunakan media pengajaran
2. Hasil penelitian sebagai bahan kebijakan pendidikan dilingkungan pendidikan sebagai sumbangan pemikiran dalam membina dan mengembangkan media yang dibutuhkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
3. Hasil penelitian ini sebagai bahan referensi penelitian berikutnya yang berhubungan dengan penggunaan media pembelajaran.

silahkan downlod Skripsi KTI PTK dengan judul
https://sites.google.com/site/skripsiktiptk/Skripsi%20KTI%20PTK%20kode056.zip?attredirects=0&d=1
COPY LINK DIBAWAH INI MUNGKIN SUATU WAKTU ANDA MEMERLUKAN KEMBALI

Terima kasih sudah berkunjung di judulskripsi-pai.blogspot.com referensi contoh kti skripsi.
Simpan atau rekomendasikan ke teman-teman anda melalui email, blogspot, facebook, twitter, google +, atau berikan komentar anda disini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar