Kamis, 12 Juni 2014

Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri yang Diajar dengan Menggunakan Multimedia dan Balikan

BAB I
PEDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Meningkatkan kualitas hasil belajar adalah merupakan tugas seluruh komponen sekolah khususnya guru. Upaya meningkatkan Kualitas pembelajaran yaitu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan alat bantu pembelajaran yang berupa gambar atau multi media. Karena memang gurulah yang menghendaki dalam  penyampaian pesan-pesan dari bahan pembelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh setiap anak didik, terutama bahan pelajaran yang rumit dan kompleks, yaitu pada  pelajaran IPS di Sekolah Dasar .IPS sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dan Sekolah Menengah umum. Akan tetapi hasil belum menampakkan perkembangan yang sangat pesat. Kenyataan ini disebabkan oleh semakin lajunya ilmu pengetahuan  dan teknologi yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mata pelajaran IPS. Kedudukan yang saling mendukung mengisyaratkan kepada kita agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara optimal. Jika tidak maka kita selalu akan ketinggalan zaman (Sumardjan, 1993 : 4)
Pelajaran IPS sampai saat ini merupakan pelajaran yang sangat sulit, yang berat dan enggan untuk dipelajari terutama bagi siswa Sekolah Dasar, terbukti dari hasil UTC, UAC, masih rendah dibandingkan dengan nilai yang diperoleh dari mata pelajaran lainnya.
Rendahnya nilai IPS, dapat saja terjadi karena guru lebih mengutamakan penanaman konsep dan pengertian, untuk menyelesaikan IPS kurang mendapat perhatian. Karena konsep mengajar berjalan begitu saja, sejak mulai siswa mengenal dasar-dasar IPS di  Sekolah Dasar, maka ditingkat yang lebih tinggi akan mengalami kesulitan dalam memecahkan soal-soal IPS. Pengembangan bagi strategi umum untuk memecahkan masalah dan investigasi IPS dapat dimulai dari Sekolah Dasar (SD), siswa SD harus diberi kesempatan untuk mengakrabi proses-proses yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan investasi.
Multi media yang berupa grafik, mode, penyajian diagram akan lebih dapat membantu pemahaman siswa memindahkan hal yang abstrak konkrit. Apabila benda asli disekeliling siswa yang dikenal..
Tugas guru SD ditingkat rendah, memang sangat berat, harus kreatif mencari alat Bantu dan memilih yang tepat sesuai materi yang akan diberikan. Anak usia SD tidak cukup hanya satu kali menjelaskan dan memahami materi IPS tanpa alat Bantu. Selain guru harus pandai memilih alat pembelajaran yang tepat, guru harus dapat mengkaitkan isi materi pembelajaran yang akan diberikan pada siswa dengan kehidupan sehari-hari dengan cara membuat penyajian IPS yang penuh kreatif. Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa kelas V yang tidak lepas dari irama perkembangan berpikir dimulai dari konsep-konsep yang konkret ke konsep yang abstrak, dengan pembelajaran  IPS yang menarik. .
Siswa kelas V tidak akan mengetahui sebelumnya jika benda-benda yang mereka miliki sebetulnya dapat langsung digunakan oleh guru sebagai alat Bantu, mereka akan berpikir dengan barang-barang yang dimilikinya itu mereka diajak bermain, padahal permainan itu adalah variasi pembelajaran materi IPS.
Menurut (Kechtenberg, 1992 : 7) IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang paling tidak disukai siswa. Padahal, dalam kehidupan sehari-hari tidak ada orang yang terbebas dari IPS. Murid lebih cenderung menghindar dari tugas IPS dibandingkan tugas mata pelajaran lain. Karena itu sejak dini kecintaan terhadap IPS harus ditanamkan. IPS bukan hal yang paling sulit diantara sekian mata pelajaran. Menurut “Jakow Truchtenberg Pendiri Institut IPS di Zurich Swiss, Pencipta system baru IPS “berpendapat bahwa setiap orang dilahirkan didunia ini dengan potensi  pengetahuan yang tak ada taranya.
Penggunaan Metode tersebut menghapus rasa takut dan malu pada siswa bila menghadapi pelajaran IPS, sehingga hasilnya dapat mengubah sikap hidup siswa yang kemudian hari apabila menghadapi pelajaran yang tidak menarik, membosankan akan berubah menjadi pekerjaan yang menarik dan mengasyikkan. .
Dengan demikian melalui media dapat membangkitkan minat siswa untuk mencintai pelajaran IPS sejak dini dan bermanfaat dikemudian hari. Selain itu pembelajaran lebih interaktif, menarik serta effisien.

B.    Rumusan Masalah
Pelaksanaan proses belajar mengajar, guru dituntut untuk mampu memilih dan menetapkan cara-cara yang tepat dalam menyapaikan materi pelajaran yaitu dengan cara yang mampu membuat komunikasi belajar antara guru yang mengajar secara aktif dan diikuti oleh siswa yang mengikuti pelajaran secara aktif pula  (Arikunto, 1991: 3).
Berangkat dari kenyataan ini maka muncul masalah penelitian yang dirumuskan sebagai berikut:
Apakah ada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri yang diajar dengan menggunakan multi media  dan balikan ?”

C.    Hipotesis
Ha    : Ada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri yang diajar dengan menggunakan multi media  dan balikan
Ho    : Tidak ada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri yang diajar dengan menggunakan multi media  dan balikan

D.    Tujuan Penelitian
Bertitik tolak dari masalah yang dirumuskan diatas secara umum penelitian ini dapat  memberikan gambaran tentang peningkatan pembelajaran multi media dan balikan. Untuknitu . Tujuan penelitian adalah:
Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri yang diajar dengan menggunakan multi media  dan balikan”.

E.    Manfaat Penelitian
1. Untuk Peneliti Lanjut
Bagi peneliti lanjut, hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai perbandingan atau acuan awal dalam penelitian sejenis atau yang berkualitas.
2. Untuk Guru
Untuk menambah wawasan terhadap model-model pembelajaran dan mampu membuat dan memanfaatkan multi media pembelajaran pada setiap mengajar IPS, agar sisa lebih mencintai IPS
3. Untuk Kepala Sekolah
Agar dapat memberi bimbingan kepada guru-guru tentang model pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

silahkan downlod Skripsi KTI PTK dengan judul
https://sites.google.com/site/skripsiktiptk/Skripsi%20KTI%20PTK%20kode034.zip?attredirects=0&d=1
COPY LINK DIBAWAH INI MUNGKIN SUATU WAKTU ANDA MEMERLUKAN KEMBALI

Terima kasih sudah berkunjung di judulskripsi-pai.blogspot.com referensi contoh kti skripsi.
Simpan atau rekomendasikan ke teman-teman anda melalui email, blogspot, facebook, twitter, google +, atau berikan komentar anda disini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar